Kalau ke Sukabumi, Singgah di Situgunung, yuk!



Selain bertemu dengan temen-temen seperjuangan di kelas Cendol (Cerita Nulis Diskusi Online), saya dan @suandriansah juga menyempatkan untuk datang ke Situgunung, salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang lagi trend.

Objek wisata Situgunung adanya di Sukabumi, Jawa Barat. Datang ke sini kita akan disambut udara dingin. Di penginapan tempo hari, kami tak perlu menghidupkan AC saking dinginnya.

Posisi Situgunung sendiri berada di dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Dengan ketinggian 850 MDPL, kamu bisa mengajak keluarga, pacar dan teman untuk merasakan sensasi yang dihadirkan tempat wisata ini mulai dari danau, air terjun, piknik di Situgunung, dan banyak lagi.

Selain itu, Situgunung juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Kamu ga bakalan menyesal jika datang ke sana. Sebab, kamu juga bisa membuat kemah atau tenda yang disewakan kepada pengunjung. Sehingga, liburan terasa lebih panjang dan mengesankan.

Nah jika kamu suka naik perahu, di salah satu tempat wisata di Situgunung kamu juga boleh tuh nyobain naik perahu sambil muterin danau. Setelah naik perahu, ada satu lagi tempat yang wajib pake banget buat dikunjungi. Yakni Curug Sawer.

Ada dua cara untuk masuk ke Curug Sawer. Kamu bisa masuk melalui jembatan, atau mengambil jalan muter sambil menikmati pemandangan yang tak kalah serunya.

Seperti yang saya sebutkan di atas, banyak sekali tempat yang asik di Situgunung seperti danau, air terjun, piknik di Situgunung, dan banyak lagi. Namun, tempo hari saya tak sempat keliling ke semua objek wisata yang ditawarkan. Saya dan @suandriansah hanya datang ke Curug Sawer saja.

Di Curug Sawer, kita akan dibuat takjub dengan air terjun yang masih deras dan mengalirkan air yang dingin banget. Saya dan @suandriansah sesampai di sana langsung nyebur padahal awalnya tidak ada niat buat mandi.

Harga Tiket

Harga tiket untuk bisa menikmati wisata alam ke Situgunung adalah Rp.18.500. Dengan harga itu, kamu sudah dapat mendatangi danau, air terjun, piknik dan banyak lagi.

Saat ini, pihak pengelola sudah menyediakan jembatan panjang untuk bisa ke Curug Sawer. Jarak tempuh jika naik jembatan lebih cepat dari pada seperti yang saya lakukan dengan @suandriansah, yakni mengambil jalur darat dan memakan waktu lebih lama.

Namun, jika kamu bersikeras naik jembatan, berarti kamu harus bayar lagi Rp. 50.000. Jadi, setidaknya kamu harus menyediakan duit extra untuk bisa menikmati wisata Situgunung.

Saat ke Sukabumi, saya nginap di salah satu hotel di Hotel Capitol Plaza Rp. 166.000 rb/malam. Paginya, kami naik angkot (warna ijo No.8) dari hotel ke lokasi Rp. 8.000 untuk dua orang. Dari lokasi pertama, kami melanjutkan naik angkot (warna merah) kedua, hingga sampai di depan pintu masuk Situgunung Rp. 20.000 untuk dua orang.

Untuk bisa mencapai ke Sukabumi lalu ke tempat wisata Situgunung, jika kamu dari Jakarta, silakan kamu ambil jalur kereta api jurusan Bogor Paledang - Sukabumi, bayar Rp. 35.000/orang.

Berarti, jika mau menikmati weekend ke Sukabumi, kamu setidaknya harus menyediakan uang Rp. 283.500/orang. Itu sudah termasuk penginapan, dan biaya ke lokasi wisata. Makan dan minum selama di Sukabumi bagaimana? Duh. Jangan hitungan, deh! Kan mau liburan?

Oh, ya. Karena daerah ini curah hujannya tinggi, jadi kamu sebelum datang ke Situgunung sebaiknya menyediakan jaket ya, guys. Baik jaket hangat ataupun jaket hujan. Sebab, selain dingin banget, di Curug Sawer juga curah hujannya tidak bisa diprediksi.

Kalau kamu lupa bawa jaket, tak mengapa. Sebab di dalam Curug Sawer juga ada yang menyediakan jaket khususnya jaket hujan Rp. 20.000.

Nah, kapan kita ke sana, lagi?

0 Comments: